Friday 3 July 2015

Cara Mendaftarkan Blog ke Bing dan Google Webmaster Tools

Salah satu cara agar mesin pencari dapat mengenali postingan blog kita dengan cepat dan mudah adalah dengan melakukan submit alamat situs blog yang kita miliki pada webmaster tools. Webmaster tools merupakan alat dari pada mesin pencari yang biasanya digunakan oleh para blogger untuk meninjau postingan-postingannya yang telah dipublikasikan sehingga dengan adanya tools ini pengelola blog dapat mengetahui apakah postingan yang di terbitkan telah dikenali oleh mesin pencari atau belum.

Tentunya pengelola blogger termasuk saya sendiri menginginkan artikelnya dapat terindex dengan cepat oleh mesin pencari seperti google dan bing yang kemudian dapat menduduki halaman pertama pada saat dilakukan pencarian. Memang artikel dari blog yang kita terbitkan lambat laun akan terindex juga oleh mesin pencari, namun biasanya untuk blog yang tidak melakukan submit peta situs blognya ke webmaster tools akan lebih lama mesin pencari mengenali isi dari blog tersebut. Untuk itu kenapa kita harus melakukan pendaftaran situs blog kita ke webmaster tools dan juga melakukan submit peta situs apabila kita telah menerbitkan beberapa artikel.

Baiklah, di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara mendaftarkan blog ke webmaster tools dan melakukan submit peta situs agar isi dari blog cepat dikenali oleh mesin pencari.

A. Cara mendaftarkan Blog ke Bing Webmaster Tools

Untuk mendaftarkan blog anda ke webmaster tools pertama anda harus memiliki akun hotmail, outlook, atau microsoft (@live dot com). Dengan memiliki akun yang telah saya sebutkan maka banyak layanan dapat kita gunakan yang disediakan microsoft ini, jadi tidak perlu melakukan registrasi ulang. Dan jika anda belum memiliki akun tersebut, maka anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu.
#1. silakan anda masuk ke halaman ini untuk melakukan pendaftaran http://www.bing.com/toolbox/webmaster . Pilih seperti pada gambar.

#2. Lalu akan tampil menu pengisian data, silakan di isi sesuai data anda. Lalu Create Account



#3. Setelah melakukan pendaftaran, silakan masuk pada menu utama Bing webmaster dan pilih my site (lihat gambar)



#4. Selanjutnya anda isikan alamat URL anda pada kolom dan pilih ADD



#5. Setelah itu anda akan dibawa pada menu pengisian form sebagai data dari Blog anda. Berikut ini data yang perlu anda isikan.

Job role : isi dengan pekerjaan
Add site map : Isi kan dengan peta situs anda, untuk blogspot peta situsnya adalah http://nama-URL-Anda.blogspot.com/sitemap.xml ex: http://goldenways.blogspot.com/sitemap.xml
Company Organization Name dan Company Organization size : Isikan dengan nama perusahaan anda. Jika tidak ada boleh tidak di isi atau bisa anda isi sembarang (tidak wajib)
Industry : Jenis perusahaan anda (tidak wajib)
Contact Phone : Isi nomor telpon anda
State/Province dan Postal code : Isi dengan provinsi tempat tinggal anda dan kode pos
Country Region : Isi dengan negara anda
I'm an agency not site owner : centang jika jika situs tersebut bukan kepemilikan anda
Untuk yang lainnya tidak perlu diubah, Lalu save



#6. Selanjutnya anda akan diberikan kode verifikasi bing webmaster tools yang harus anda letakkan pada situs blog anda. perhatikan gambar berikut ini.



Copy paste kan kode verifikasi webmaster tools pada blog anda seperti yang ditunjukkan nomor 1 . silakan masuk pada bagian edit html blog anda dan cari kode </head>, lalu letakkan kode verifikasi tepat di atas kode </head>, lalu save. Kemudian kembali lagi pada bing webmaster tools dan pilih verify, seperti yang ditunjukkan nomor 2.

Sampai tahap ini, anda telah melakukan verifikasi pendaftaran pada bing webmaster tools. Selanjutnya, melakukan submit sitemap blog anda ke webmaster tools. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan submit sitemap blog pada bing webmaster tools.

Cara Melakukan Submit Sitemap Blog di Bing Webmaster tools

#1. Pada menu utama bing webmaster tools, silakan anda pilih configure my site, lalu pilih sitemap, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.



#2. Lalu masukkan alamat peta situs anda, untuk blogspot seperti ini alamatnya http://nama-url-anda.blogspot.com/sitemap.xml, contoh http://goldenways.blogspot.com/sitemap.xml dan kemudian pilih submit



Sampai di sini anda sudah melakukan submit peta situs dan untuk kedepannya apabila anda telah menerbitkan banyak artikel, mungkin 5 atau lebih, maka silakan lakukan submit ulang peta situs anda dari langkah 1 sampai 2 ini, agar webmaster tools langsung memperbarui isi daripada situs blog anda dan mesin pencari akan langsung mengindex artikel-artikel yang telah anda terbitkan.

B. Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools

Google adalah salah satu mesin pencari yang paling dikenal oleh kebanyakan orang, khususnya masyarakat Indonesia baik dari kalangan pemula maupun yang sudah master sekalipun. Saya sendiripun lebih cenderung menggunakan mesin pencari ini daripada mesin pencari yang lainnya. Untuk itu, agar blog anda dapat diindex oleh mesin pencari google dengan cepat maka langkah yang harus anda ambil adalah mendaftarkan blog anda ke google webmaster tools. Lalu bagaimana cara mendaftarkannya? Sebelum anda mendaftarkan blog, anda harus memiliki akun gmail Mari ikuti langkah-langkah berikut ini.

#1. Silakan Masukkan alamat gmail dan password anda pada google webmaster tools



#2. Isi kolom dengan alamat situs dari blog anda seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Lalu pilih Add site



#3. Selanjutnya pada halaman utama google webmaster tools, pilih gambar seperti roda (lihat nomor 1) dan pilih verification detail (lihat nomor 2)



#4. Pada tampilan seperti gambar di bawah, pilih verification using different method seperti yang ditunjukkan pada gambar.



#5. Pada gambar di bawah, pilih html tag (lihat nomor 1), lalu copy kode verifikasi (lihat nomor 2) dan paste kode tersebut di blog anda. Silakan buka halaman edit html pada blog anda dan cari kode </head> kemudian paste kode verifikasi di atas kode </head>. Kemudian kembali lagi ke halaman google webmaster tools dan pilih Verify (lihat nomor 3).



#6. Jika berhasil terverifikasi maka anda akan dibawa pada tampilan seperti ini.



Sampai tahap ini berarti anda telah mendaftarkan blog anda ke google webmaster tools sehingga google akan mudah mengenali blog anda. Selanjutnya adalah melakukan submit site map blog anda di googlwebmaster tools. Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Melakukan Submit Sitemap Blog ke Google Webmaster Tools

#1. Pada halaman utama google webmater tools, silakan anda pilih crawl (lihat nomor 1), lalu pilih site map (lihat nomor 2)



#2. Pada tampilan selanjutnya pilih add/test sitemap kemudian isi kan dengan alamat sitemap blog anda lalu pilih submit sitemap seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.



Lakukan submit ulang ke google webmaster tools apabila anda telah menerbitkan beberapa artikel, mungkin 5 artikel atau lebih agar google dapat cepat mengenali artikel-artikel dari blog yang anda terbitkan.

Demikian artikel singkat mengenai Cara Mendaftarkan Blog ke Bing dan Google Webmaster Tools, semoga bermanfaat. Jika anda masih bingung dalam proses pendaftaran ini, silakan tinggalkan pesan atau komentar anda di bawah.

No comments:

Post a Comment