Wednesday 17 June 2015

Cara Berhenti Merokok

Banyak orang yang mengeluh mengenai rokok, apalagi untuk kalangan yang tidak merokok. Sebenarnya lebih banyak sisi negative yang diakibatkan oleh rokok dibandingkan sisi positifnya. Mungkin untuk sisi positifnya hanya perokok yang mengetahuinya. Kata orang-orang yang merokok, kenapa alasan mereka merokok, yaitu: Karena ikut-ikutan dulunya
karena sudah menjadi gaya hidup
Kecanduan karena nikotin dll

Banyak alasan orang kenapa tidak mau berhenti merokok, padahal sudah sangat jelas rokok itu sangat bahaya bagi kesehatan diri sendiri maupun kesehatan orang lain.
Tapi alasan terbanyak orang tidak bisa berhenti merokok karena mereka sudah kecanduan alias terlanjur suka dengan nikotin yang ada dalam rokok. Jika tidak merokok rasanya ada yang kurang dan terlebih lagi ketika setelah makan. Coba teman-teman lihat orang-orang banyak yang merokok setelah makan, kenapa? Padahal merokok setelah makan akan meningkatkan bahaya yang lebih tinggi dibandingkan merokok pada saat santai, tapi orang malah kebalikannya, mereka lebih suka merokok tepat setelah makan. Katanya, kenikmatannya melebihi momen atau waktu-waktu yang lainnya. Kenapa lebih bahaya merokok setelah makan.? Karena pernapasan manusia tepat setelah makan akan lebih rendah dibandingkan saat santai sehingga jantung yang tadinya memompa darah ke seluruh organ tubuh akan bekerja dua kali lipat dibandingkan saat-saat santai. Coba bayangkan, jika seseorang merokok saat setelah makan, apa yang akan terjadi. Tentu saja jantung akan bekerja berkali-kali lipat sehingga mengakibatkan jantung bekerja lebih keras dari sebelumnya. Dan jika ini dilakukan secara rutin maka fungsi kerja jantung akan turun dan mengakibatkan perokok akan mudah terkena penyakit, segala jenis penyakit. Makanya kenapa penyakit-penyakit yang disebabkan oleh rokok sangat berbahaya dan mematikan.

Selain kesehatan, rokok juga salah satu penyebab pengeluaran seseorang menjadi boros. Mungkin untuk beberapa hari uang yang dikeluarkan tidak terlalu besar, namun bayangkan ketika uang tersebut diakumulasikan perbulan. Misal, saat ini satu bungkus rokok Rp 10.000. seorang membelinya tiap 3 hari. Jadi bisa kita akumulasikan pengeluarannya selama sebulan hanya untuk membeli rokok, yaitu : (30 hari / 3 hari) x 10.000= Rp 300.000. jadi selama sebulan seseorang akan mengeluarkan uang sebanyak Rp 300.000, cukup banyak bukan. Itu membeli 3 hari sekali, jika pecandu bisa jadi seorang membeli setiap hari dan saat ini rokok sudah jarang yang harganya Rp 10.000, tentunya pengeluaran akan semakin besar. Padahal kalo ditabung atau disedekahkan uang tersebut akan lebih bermanfaat dibandingkan untuk membeli rokok.
Nah, bagi teman-teman yang tidak merokok khususnya dari kalangan anak muda, alangkah lebih baik jika tidak mencoba untuk merokok. Karena jika coba-coba nanti bisa jadi terpaksa dan akhirnya menjadi terbiasa. Dan untuk teman-teman yang sudah terlanjur merokok dan ingin berhenti merokok berikut ini ada beberapa tips untuk bisa berhenti merokok.

Niat
Segala sesuatu itu harus diawali dengan niat, kalo niatnya sudah mantap tentu apa yang dikerjakan akan berbuah hasil yang baik dan memuaskan. Namun jika niat ini belum sepenuhnya untuk mau berhenti merokok maka akan sangat sulit seseorang akan berhenti dari rokok. Bahkan tidak menutup kemungkinan seseorang akan terus ingin merokok di saat-saat dia sedang sakit keras atau kondisi yang lagi genting (kondisi ekonomi yang sedang turun). Banyak perokok yang lebih mengutamakan merokok dibandingkan makan, katanya kalo sudah merokok itu biasanya rasa lapar akan segera hilang. Oleh karena itu mengapa rokok lebih diutamakan dibandingkan makan. Jadi begitu, jika niat kurang mantap, kecil harapan untuk orang bisa menjauhi yang namanya rokok. Karena kurangnya niat makanya akan sangat sulit jika mau berhenti.

Kurangi
Tidak mudah memang bagi orang yang ingin berhenti merokok, setidaknya mengurangi jika memang belum bisa berhenti total. Buatlah daftar di selembar kertas, konsumsi rokok perhari. Usahalkan semakin hari rokok terus dikurangi sehingga semakin lama akan bisa berhenti. Tidak ada yang instan, memang semuanya butuh proses. Paksaan juga sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Carilah Pengganti
Mencari pengganti rokok seperti permen misalnya, ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk diterapkan bagi teman-teman yang ingin berhenti merokok. Mungkin untuk perokok saat santai atau waktu luang mulut akan terasa ada yang kurang jika tidak merokok. Nah, sebagai gantinya coba teman-teman menggantinya dengan perman atau camilan atau apapun itu yang penting bukan rokok.
No Think, “Hanya Satu”
Jangan berfikir satu kali ini saja, sebenarnya ini adalah salah satu yang memicu seseorang untuk tidak berhenti dari rokok. Jangan pernah menurutinya, bahkan jika dituruti besar kemungkinan akan terus dan berlanjut sehingga menjadi besar nafsu untuk merokok. Saat seperti inilah yang akan menggoyahkan hati seseorang. Maka dari itu, jika teman-teman yang ingin berhenti merokok silakan katakan pada diri teman-teman “tunggu 15 menit lagi”. Cobalah untuk menundanya dan sibukkan diri dengan kegiatan yang lainnya. Dengan begitu, fikiran untuk mencoba satu rokok akan hilang dan terlupakan.

Fikirkan yang Tersayang
Coba fikirkan orang-orang yang kita sayangi, bayangkan jika seandainya mereka sakit akibat asap rokok yang kita sebarkan. Tentu sangat merasa berdosa dan menyesal jika hal ini terjadi pada orang-arang yang kita sayangi. Bukan hanya itu, coba kita bayangkan juga ketika kita terkena sakit, siapa yang akan repot? Tentu orang tua, keluarga kita. Jadi sebenarnya dengan kita memikirkan jauh hal ke depan akan dapat membantu kita yang ingin berhenti dari rokok. Cara ini bisa dibilang dengan kepedulian. Jika kita sayang tentu kita akan peduli.

Olah raga
Dengan olahraga kecil, seperti jogging, fitnees, lompat, berenang dll. Hal ini akan menjauhkan kita dari kecenderungan rasa ingin merokok. Cabalah untuk latih pernapasan dengan relaksasi atau jika kita sedang terjebak di suatu ruang maka cobalah untuk melakukan hal yang mungkin bisa menghindarkan kita dari rasa ingin merokok. Dapatkan latian fisik secara rutin untuk dapat meninggalkan rokok.

Dukungan
Coba untuk minta dukungan dari orang-orang di sekitar kita yang dapat memberi masukan dan saran atau jika perlu memberi kita semangat bahkan teguran untuk menghindarkan kita dari merokok. Bisa juga kita membuat janji atau semacam taruhan, namun di sini bukan berupa uang melainkan hal lainnya, misal seperti push up atau lari keliling lapangan jika melanggar.

Dari beberapa tips berhenti merokok, silakan dicoba untuk dipraktikkan. Sekian dulu artikel ini saya buat. Semoga bermanfaat, silakan tinggalkan komentar jika ingin berbagi atau ada yang ingin ditanyakan. Salam

No comments:

Post a Comment