Saturday 20 June 2015

Pengertian SEO Onpage dan Offpage, Apa itu SEO?

SEO ONPAGE DAN SEO OFFPAGE

Apa itu SEO? 

SEO singkatan dari Search Enginee Optimization dan biasa disebut dengan optimisasi mesin pencari, yaitu sebuah proses yang membuat suatu website mendapatkan banyak traffic atau pengunjung. Sedangkan menurut Wikipedia, SEO adalah adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.
Jadi begini, google merupakan salah satu mesin pencari yang telah mendunia saat ini. Jika kita lihat dari tiap kata kunci yang dihasilkan google pada setiap halaman pertama hanya ditampilkan 10 judul saja. Untuk itu Seo ini digunakan untuk menjadikan halaman blog kita berada di halaman pertama Google sehingga apabila blog kita berada pada halaman pertama google maka besar kemungkinan blog kita akan banyak di kunjungi. SEO itu dibagi 2, yaitu : seo onpage dan seo offpage.

SEO OnPage

Seo Onpage adalah sebuah dasar seo yang berhubungan dengan kualitas dari sebuah website atau blog yang kita punya. Untuk lebih jelasnya seo onpage ini berhubungan dengan masalah internal, yaitu pada desain blog. Berikut ini beberaa contoh yang perlu diperhatikan dalam SEO Onpage.

Title
Dengan Title ini berguna bagi robot dari google sehingga robot dari google ini dapat mengetahui informasi apa yang ada pada artikel yang kita buat. Untuk itu setiap postingan artikel yang kita buat harus mengandung kata kunci. Nah, kata kunci ini yang menjadikan artikel kita mudah ditemukan pada mesin pencari seperti google. Title blog saat berada di halaman utama harus berada di heading 1 artinya ini merupakan komponen yang paling penting pada halaman tersebut sedangkan jika pada halaman artikel atau postingan, judul blog berada di heading 2 dan judul artikel berada di heading 1.

Jumlah Link pada Blog
Link yang berhubungan antar postingan ini berguna untuk menjadikan artikel-artikel yang ada saling mempopulerkan satu sama lain. Jadi jika anda memiliki banyak postingan maka silakan hubungkan postingan yang satu dengan postingan yang lainnya, dengan catatan postingan tersebut harus saling berhubungan atau memiliki keterkaitan pada topik pembahasannya. Caranya mudah, silakan anda letakkan link tautan ke antar post yang anda punya dengan kata kunci yang anda kejar untuk postingan yang anda tuju. Misalnya anda memiliki artikel mengenai “apa itu backlink?” maka anda akan mengalirkan atau mengarahkan postingan yang sedang anda buat ke artikel mengenai backlink tadi. Jadi, anda nantinya akan membuat sebuah tulisan backlink yang mana bila tulisan backlink itu diklik, maka akan menuju artikel tentang backlink yang sudah dibuat sebelumnya.

Gambar
Gambar adalah salah satu penilaian google yang menjadikan blog kita dinilai sebagai nilai tambah. Namun disini tidak hanya sekedar gambar, tapi pada sebuah gambar tersebut terdapat alt image, yaitu sebauh elemen yang digunakan untuk memberikan nama dari gambar tersebut di mata mesin pencari. Jadi google itu memiliki robot yang mana digunakan untuk menilai dari kode-kode html pada blog sehingga robot ini memahami bahasa yang disebut kode html tadi. Untuk itu mengapa kita perlu memberikan kode pada gambar yang ada pada postingan kita. Letak Alt Image pada blog dapat anda lihat pada gambar di bawah ini. silakan di simak.

SEO ONPAGE


  • Silakan anda klik Properties pada sisi kanan bawah gambar yang saya beri tanda merah. Maka akan muncul box baru seperti gambar di bawah.
SEO ONPAGE



  • Pada kolom title text silakan anda isi dengan judul gambar tersebut, tentunya yang mengandung kata kunci pada artikel anda. Misal : SEO Onpage
  • Selanjutnya pada kolom ALT text, silakan anda isi dengan deskripsi judul tersebut atau dengan long tail keyword. Misal : Seo Onpage pada blog
  • Lalu klik Ok. 
Dengan begitu gambar anda sekarang telah diberikan kode-kode html yang bisa dipahami oleh robot google dan akan menjadikan nilai tambah di mata mesin pencarian.

SEO OffPage

Seo Offpage pada dasarnya adalah sebuah hal yang sederhana jika dilihat dari segi konsepnya, yaitu segala sesuatu yang berasal dari luar blog yang masuk pada website atau blog yang kita miliki. Istilahnya seo offpage ini adalah bagian marketing dari sebuah perusahaan. Jadi, bagaimana kita bisa mempromosikan blog kita kepada orang lain, sehingga jika blog kita sudah dikenal maka besar kemungkinan banyaknya pengunjung yang akan datang dan traffic akan semakin meningkat. Jadi untuk menemukan alamat url dari suatu halaman blog itu tidak hanya dengan menggunakan mesin pencari melainkan dengan backlink, dan backlink ini adalah metode atau teknik yang digunakan pada seo offpage. Backlink adalah suatu teknik yang digunakan untuk meletakkan suatu alamat situs pada situs yang lainnya yang mana jika alamat situs tersebut diklik maka akan menuju halaman blog milik kita. Coca anda perhatikan pada gambar di bawah ini.

SEO OFPAGE dengan teknik backlink


Pada gambar di atas menjelaskan bahwa halaman blog akan terbuka ketika link yang kita letakkan pada facebook, kaskus, dan Twitter diklik. Semakin banyak kita melakukan backlink maka peluang untuk menjadi ranking 1 google semakin meningkat. Namun melakukan backlink yang baik adalah ketika berkesinambungan atau dilakukan secara terus menerus. Jadi intinya seo offpage ini bagaimana kita melakukan promosi dengan mencari backlink yang ada di internet.

Baiklah saya rasa sampai di sini dulu. Silakan share dan tinggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan. Semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment