Sunday 28 June 2015

Cara Membuat Privacy Policy pada Blog dengan Mudah

Pada blog biasanya terdapat Privacy Policy. lalu Apa itu privacy Policy? Privacy Policy adalah suatu aturan berbentuk dokumen hukum yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengunjung mengenai aturan-aturan yang ada di blog, data pribadi pengelola blog dan hal-hal yang menyangkut pada blog tersebut.

Banyak blog-blog yang berbahasa Indonesia tapi menggunakan privacy policy dengan menggunakan bahasa inggris termasuk blog saya, Karena banyaknya aturan-aturan apa saja yang diperlukan untuk membuat privacy policy, banyak pihak yang menetapkan bahwa dalam pembuatan privacy policy terdapat bagian-bagian tertentu yang perlu dibuat, seperti data pribadi pemilik blog dan penggunaan informasi pada blog tersebut, contoh: kebijakan iklan, keamanan, perlindungan informasi (dilarang copy paste) dll.

Sehingga dengan adanya hal tersebut banyak penyedia layanan online untuk pembuatan privacy policy secara gratis, salah satunya adalah http://www.privacypolicyonline.com/, namun demikian, lebih baik jika anda bisa membuat privacy policy blog anda sendiri, tanpa jasa.

untuk itu bagi para blogger tentunya ini merupakan salah satu hal yang perlu dibuat jika ingin terjun ke bisnis online, seperti amazon dan google adsense. Tapi sebelum anda membuat privacy policy sebaiknya anda buat Contact form terlebih dahulu.

Langkah-langkah membuat privacy policy Pada Blog :

#1. silakan buka link ini Privacy Policy





#2. Perhatikan gambar di atas, Pada panah 1, isi dengan nama blog anda. panah 2, isi alamat URL anda. Panah 3, isi dengan alamat contact form yang telah anda buat. panah 4, isi dengan alamat email anda. Panah 5, pilih encrypt email. panah 6 merupakan layanan iklan yang ingin anda ikuti, boleh dicentang semua. lalu panah 7, klik generate policy.





#3. Perhatikan gambar di atas, anda akan dibawa ke tab baru. Sebenarnya teks bisa langsung dicopy tapi lebih baik anda mengcopy dalam mode html dengan memilih seperti yang ditunjuk panah. lalu paste pada blog anda, dengan cara membuat laman baru seperti anda membuat Contact form tadi. Jika anda sudah berhasil, maka tampilannya kurang lebih seperti ini.





Baiklah sampai di sini artikel mengenai Cara Membuat Privacy Policy pada Blog dengan Mudah. semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment