Friday 10 July 2015

Cara Mendaftar dan Memasang Iklan Accesstrade di Blog

Apa itu Accesstrade?

Accesstrade adalah sebuah sistem periklanan modern di internet yang berasal dari Jepang. Sistem periklanan ini menawarkan 30 jenis produk, salah satunya seperti iklan yang ada di blog saya ini yang mana masing-masing produk memiliki metode periklanan yang berbeda. Di Accesstrade terdapat dua metode pembayaran atau transaksi, yaitu  cost per click (CPC, bayar tiap klik) dan cost per action (CPA, bayar setiap ada transaksi).

Kalau saya lihat bayaran paling rendah senilai Rp 2.000 dan paling tinggi mencapai Rp. 300.000. Tapi juga ada yang metode pembayarannya bagi hasil, bisa dibilang persentasi dari hasil penjualan produk dan metode ini masuknya ke kategori cost per action (CPA, bayar setiap ada transaksi). Lalu apa perbedaan antara CPC dan CPA?

Perbedaan antara cost per click (CPC, bayar tiap klik) dan cost per action (CPA, bayar setiap ada transaksi)

Kalau Cost Per Click (CPC), advertiser (pemilik produk) akan membayar publisher (pengiklan atau blogger) apabila iklan yang ditayangkan pada blog diklik, sedangkan kalau Cost Per Action (CPA) advertiser akan membayar publisher jika ada yang melakukan action contohnya : per transaksi pembelian, unduh, atau register/ daftar. Jadi, menurut saya ini adalah platform affiliasi yang cukup mudah untuk diterapkan pada blog yang kita punya, khususnya bagi pemula seperti saya.

Berdasarkan pengalaman saya, accesstrade ini cukup mudah untuk mendaftarkannya, tidak sama seperti google adsense yang kata kebanyakan orang sulit untuk di apply meskipun saya sendiri belum pernah daftar adsense menggunakan blog, karena ketika saya mendaftar di accesstrade rasanya tidak terlalu ribet dan proses persetujuannya juga cepat. Nah, langsung aja bagi yang berminat ingin mendaftarkan blognya ke accesstrade, berikut ini akan saya pandu langkah-langkahnya.

#1. Klik banner di bawah ini.




#2. Nanti anda akan dibawa ke tampilan seperti ini. Langsung aja klik daftar



#3. Terus di tampilan selanjutnya, pilih perorangan jika blog atau website anda milik pribadi dan isi kolom yang telah disediakan



#4. Terus masuk ke email anda dan konfirmasi email dari accesstrade

#5. Kemudian anda akan di bawa ke tampilan seperti di bawah ini. Isikan data-data yang ada dan klik berikutnya



#6. Selanjutnya anda akan dibawa ke kolom pengisian data lagi (info akun, info bank,dan info website).Berikut ini untuk mengisi info website :

Judul website : isi judul blog anda
Tautan website : isi dengan alamat situs anda
Jenis website : isi blog jika jenis web anda blog
Kategori website : Isi sesuai dengan pembahasan blog anda, namun saya sarankan pilih aja semuanya
Keterangan : Isi aja seputar dengan blog anda
Terus klik tombol menyerahkan



Selanjutnya tinggal ditunggu proses moderasinya dari pihak accesstrade. Kurang lebih 48 jam prosesnya tapi terkadang tidak sampai 48 jam anda sudah menerima email balasan.

Cara memasang iklan pada blog

Jika blog anda sudah diterima menjadi publisher di sistem periklanan accesstrade, maka langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah memasang kode iklan pada blog agar iklan dapat muncul di blog. Berikut ini langkah-langkahnya

#1. Masuk ke accestrade sebagai publeisher
#2. Pilih menu campaign disebelah kiri web
#3. Pilih beberapa iklan yang ingin anda pasang di blog anda dengan mencentangnya lalu pilih tombol daftar di bagian bawah. Jika tombol daftar sudah di klik maka tulisan belum mendaftar akan berubah menjadi mendaftar



#4. Selanjutnya, anda harus menunggu kurang lebih 24 jam untuk masa peninjauan dari advertiser (pemilik iklan). Anda akan dikirimi email oleh pihak accesstrade jika permintaan anda sudah diterima.

#5. Jika sudah diterima, selanjutnya adalah memasang kode dengan masuk ke accesstrade dan copy kode iklan yang telah terdaftar



#6. Menuju ke blog anda, pilih layout (tata letak), pilih add gadget maka akan muncul pop up, lalu pilih HTML/javascript dan paste kode tersebut di kotak HTML/javasript. Jika sudah, jangan lupa disimpan. Coba anda preview dan lihat pada blog anda, Seharusnya iklan sudah muncul di blog anda.





Demikian artikel singkat mengenai Cara Mendaftar dan Memasang Iklan Accestrade di Blog, semoga bermanfaat.


Baca juga artikel saya mengenai Bagaimana agar blog mudah dikenali mesin pencari.

2 comments: