Thursday 18 June 2015

Cara Membuat Tag Heading SEO Friendly

Di sini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara untuk membuat heading tag agar menjadi SEO Friendly. Apakah itu heading tag? Heading tag adalah suatu pemformatan teks yang ada di web yang berfungsi untuk memisahkan "Bagian mana yang paling penting, bagian mana agak penting, dan bagian mana yang kurang penting". Jadi, sebenarnya heading tag ini mengurutkan bagian-bagian dari yang terpenting sampai turunannya. Sehingga dengan adanya heading tag ini mesin atau robot bisa menilai bagian-bagian artikel blog yang kita buat sebagai kata kunci dalam indeks pencarian.

Maka dari itu, tidak heran jika heading tag ini adalah salah salah satu SEO (Search Engine Optimization) dasar yang harus diperhatikan bagi blogger pemula. Jadi, kita perlu mengatur heading tag sesuai aturan yang diberikan oleh Google dengan benar. Berikut ini aturan-aturan yang dimiliki atau ditentukan Google agar teks atau artikel yang kita buat menjadi pemformatan yang benar menurut Google. Di bawah ini adalah aturan-aturan pemformatan yang ditentukan oleh Google
  1. H1 adalah bagian paling penting kemudian untuk H2 sampai H6 adalah turunan selanjutnya. (Paling penting, agak penting, penting, kurang penting dan seterusnya)
  2. Pada sebuah halaman H1 hanya boleh ada 1 dan harus ada (tidak boleh tidak ada), kemudian untuk H2 dan H3 jumlah maksimal adalah 8, dan selanjutnya untuk H4 sampai H6 diperbolehkan lebih dari 8.
  3. Saya sarankan jika kita membuat suatu artikel diusahakan setiap heading sebaiknya terdapat kata kunci agar relevansi halaman kita meningkat menurut google, sehingga artikel kita akan mudah dicari oleh mesin pencari.
  4. Diusahakan Jangan mengandung terlalu banyak pengulangan kata yang telah digunakan (kata yang sama) di dalam satu heading tag.
  5. Biasanya H1 dipakai untuk memberikan judul blog dan untuk judul postingan sebaiknya diberikan tag H2,kemudaian untuk judul Widget sebaiknya diberikan H3.
  6. dan seterusnya untuk komentar, atribut dll.

Bagian-bagian dari Heading Tag

Selain aturan masing-masing, heading juga memiliki perannya masing-masing. Dengan kita mengatur heading berati sama saja kita memberitahu bagian mana yang terpenting dan bagian mana yang kurang penting dari artikel yang kita buat. Dan heading ini memiliki enam tingkatan heading yaitu h1 sampai h6 dan masing-masing heading memiliki bagian-bagiannya tersendiri. Berikut ini saya akan sedikit memberikan peran dari masing-masing heading, yaitu dimanakah seharusnya heading diletakkan :
  1. Heading Tag ke-1 (H1) wajib menjadi heading pada judul blog kita, misalkan saja nama blog saya goldenways.blogspot.com dan juga sebagai judul artikel ketika berada di halaman artikel.
  2. Heading Tag ke-2 (H2) sebaiknya digunakan pada judul artikel pada saat berada di halaman utama (beranda) dan juga diletakkan pada judul blog ketika berada di halaman artikel. Disarankan juga diletakkan pada deskripsi blog yang berada dibawah judul blog, misalkan saja deskripsi blog saya : Berbagi ilmu pengetahuan, Pengalaman, dan Informasi. Tapi ingat digunakan ketika di halaman artikel
  3. Heading Tag ke-3 (H3) saya menyarankan untuk judul widget, misal popular post, artikel terbaru dan lain-lain, tergantung dari widget yang kita sisipkan pada blog kita.
  4. Heading Tag ke-4 (H4) bisa kita gunakan untuk judul widget dan berapa banyak jumlah komentar yang ada pada blog kita.
  5. Heading Tag ke-5 biasanya digunakan untuk nama yang memberi komentar.
  6. Heading Tag ke-6 (H6) untuk bagian atribut seperti icon bagikan dan link credit seperti Powered By Blogger
Setelah itu kita akan langsung praktekkan pada blog atau web kita. Dengan adanya pengaturan heading tag ini, diharapkan google atau mesin pencari lainnya akan lebih mudah mengenali artikel blog yang kita buat. Nah, sekarang saya akan memberikan cara-caranya, bagaimana kita mengatur heading tag pada blog kita dengan benar. Silakan simak dibawah ini

Cara Mengatur Heading Tag di Blog

1. Mengatur Judul Artikel

Pada Judul artikel ini kita menggunakan h2, jadi apabila heading judul artikel kita belum berada di h2 maka silakan anda mengikuti langkah-langkah yang saya berikan berikut ini:
  1. Silahkan anda login terlebih dahulu ke akun blogger anda masing-masing, kemudian silakan Anda masuk ke menu TEMPLATE.
  2. Pilih EDIT HTML, kemudian letakkan kursor anda paad bagian template dan tekan Control + F atau F3 pada keyboard laptop atau komputer anda dapat melakukan pencarian dengan cepat.
  3. Selanjutnya silakan cari kode h3.post (untuk kode seperti ini biasanya berbeda pada setiap template, untuk itu jika tidak ada kode seperti yang saya sebutkan silakan anda cari post.h3, dan jika tidak ditemukan juga, silakan anda cari h3, di sana anda akan menemukan h3 dengan jumlah yang banyak, lalu silakan cari yang menurut anda itu adalah css bagian judul artikel anda.
  4. Kode yang seperti ini biasanya untuk blog yang belum diatur bisa lebih dari satu. Maka silakan anda mengubah semua kode h3.post tadi menjadi h2.post
  5. Jika semua kode tadi sudah anda ubah, sekarang silakan anda cari semua kode seperti ini <h3 class='post
  6. Lalu anda ubah semua kode tersebut menjadi <h2 class='post
  7. Silakan ubah juga end tag pada kode tersebut, ubah </h3> menjadi </h2>
  8. Kemudian Klik SIMPAN TEMPLATE

2. Mengatur Judul Widget Menjadi H3

Tadi sudah dijelaskan di atas bahwa jumlah h2 tidak boleh lebih dari 8 pada setiap halamannya, sedangkan di halaman utama banyak terdapat heading h2 setelah anda melakukan perubahan dengan cara di atas, karena jika judul widget anda masih menggunakan h2 kemungkinannya h2 lebih dari 8 sehingga untuk menghindari adanya jumlah h2 yang melebihi 8 maka anda perlu mengatur judul widget menjadi h3. Silakan anda ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Pada menu Template, silahkan anda masuk ke bagian EDIT HTML
  • Kemudian Carilah kode HTML semua widget pada blog anda.
  • Ini adalah Contoh untuk kode widget popular posts:
<b:widget id='PopularPosts1' locked='false' title='Popular Posts' type='PopularPosts'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:title'>
<h2><data:title/></h2>
</b:if>
  • Silakan anda Ganti kode yang berwarna merah tersebut dengan kode ini <h3><data:title/></h3> 

  • Kemudian Jika semua widget tadi sudah diatur, silahkan anda klik SIMPAN TEMPLATE.
  • Saya sarankan, jangan semua widget diberikan heading tag h3 tetapi cobalah anda atur sebagian widget yang ada menjadi h4. 

3. Mengatur Deskripsi Blog Menjadi H2

Deskripsi merupakan salah satu meta tag yang penting, karena pada saat google melakukan pencarian dan menemukan judul artikel yang sama misalnya, situs milik kita dan milik orang lain, maka google akan lebih memilih artikel yang judulnya relevan dengan deskripsi yang ada pada blog. Maka dari itu mengapa saya katakan ini salah satu hal yang penting. Silakan anda ikuti langkah berikut ini.
  • Carilah kode ini  <div class='descriptionwrapper'>, kemudian coba anda lihat kode yang terletak setelah kode <div class='descriptionwrapper'>
  • Kodenya seperti ini
  <div class='descriptionwrapper'>
   <p class='description'><span><data:description/></span></p>
  • Kode berwarna merah merupakan kode yang terletak setelah kode <div class='descriptionwrapper'>.
  • Silahkan anda ganti kode yang berwarna merah tersebut dengan kode yang ada dibawah ini..
<h2 class='description'><span><data:description/></span></h2>
  • Kemudian silakan anda Klik SIMPAN TEMPLATE
Sampai di sini berati anda sudah berhasil mengatur deskripsi blog pada template anda menjadi h2.

4. Cara Mengatur Heading Tag Pada Editor Entri

Cara-cara di atas digunakan untuk mengatur heading tag pada bagian struktur blog anda, namun bukan pada bagian isi postingan atau atrtikel sehingga ketika anda mulai menulis artikel dan ingin mengatur heading (h) pada bagian isi postingan, silakan anda memilih pada menu yang telah disediakan di lembar kerja atau editor entri. Berikut ini nama-nama dari heading tag yang ada di editor entri, yaitu heading untuk H2, Sub Heading untuk H3, dan Minor Heading untuk H4, dan Normal adalah tanpa heading.

Dengan anda mengatur heading tag dan mengikuti semua langkah-langkah di atas berati blog anda saat ini menjadi lebih SEO friendly. Tapi masih banyak lagi hal yang perlu dilakukan agar blog yang kita miliki lebih SEO friendly supaya blog yang kita kelola berada di halaman satu google sehingga kita masih perlu banyak belajar dari para pakar yang ada.

No comments:

Post a Comment